Web
Analytics

Perancangan Low Noise Amplifier dengan Teknik Non Simultaneous Conjugate Match untuk Aplikasi Radar S-Band

  Yana Taryana (1*), Achmad Munir (2), Yaya Sulaeman (3), Dedi - (4)

(1) Pusat Penelitian Elektronika dan Telekomunikasi, Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia - Indonesia
(2) Laboratorium Gelombang mikro dan Radio Telekomunikasi, Sekolah Teknik Elektro dan Informatika, Institut Teknologi Bandung - Indonesia
(3) Pusat Penelitian Elektronika dan Telekomunikasi, Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia - Indonesia
(4) Pusat Penelitian Elektronika dan Telekomunikasi, Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia - Indonesia
(*) Corresponding Author

Received: June 24, 2016; Revised: June 24, 2016
Accepted: June 24, 2016; Published: June 29, 2016


How to cite (IEEE): Y. Taryana, A. Munir, Y. Sulaeman,  and D. -, "Perancangan Low Noise Amplifier dengan Teknik Non Simultaneous Conjugate Match untuk Aplikasi Radar S-Band," Jurnal Elektronika dan Telekomunikasi, vol. 15, no. 2, pp. 45-49, Jun. 2016. doi: 10.14203/jet.v15.45-49

Abstract

Radar merupakan sistem pemancar dan penerima gelombang elektromagnetik untuk mendeteksi, mengukur jarak dan membuat peta benda benda seperti pesawat terbang, kapal laut, kendaran bermotor dan informasi cuaca. Salah satu kendala yang dihadapi pada sistem radar adalah sinyal pantulan yang memiliki daya yang rendah sehingga kualitas penerimaan menjadi kurang baik. Untuk mengatasi kendala tersebut dibutuhkan penguat daya pada sistem penerima yaitu Low Noise Amplifier (LNA). Oleh karena itu, tulisan ini memaparkan perancangan LNA dengan menggunakan teknik Non Simultaneous Conjugate Match (NSCM) untuk aplikasi radar S-Band. Teknik ini memberikan kemudahan dalam menentukan nilai trade off (TO) untuk nilai gain, noise figure (NF) dan Voltage Standing Wave Ratio (VSWR) yang diinginkan. Dalam proses perancangannya, perangkat lunak Agilent Design System (ADS) 2011 digunakan untuk mendapatkan hubungan antara lingkaran gain, lingkaran NF, lingkaran VSWR, dan lingkaran mismatch factor (M). Dari hubungan tersebut diperoleh nilai impedansi masukan dan keluaran dari komponen aktif. Dalam tulisan ini, LNA dirancang dua tingkat untuk mendapatkan penguatan yang tinggi. Masing-masing tingkat menggunakan komponen aktif BJT BFP420 dengan penguatan dirancang sebesar 13,50 dB untuk tingkat pertama dan kedua, dan M sebesar 0,98. Sedangkan untuk saluran penyesuai impedansinya menggunakan substrat teflon fiberglass DiClad527. Hasil simulasi menunjukkan karakteristik LNA pada frekuensi 3 GHz yaitu gain sebesar 28,80 dB, NF sebesar 2,80 dB, VSWRin sebesar 1,05 dan VSWRout sebesar 1,1.

  http://dx.doi.org/10.14203/jet.v15.45-49

Keywords


Gain; LNA; Noise Figure; Non Simultaneous Conjugate Match; VSWR

Full Text:

  PDF

References


G. Sharmila, E. G. Govindan, ”A novel design of low noise rf amplifier in L-band for orthogonal frequency division multiplexing”, IPCSIT, vol. 20, pp. 176-182, 2011.

T. Thai, ”Low noise amplifier design for operating frequency of 4.2 GHz”, ECE 4415a, Project, 2007.

E. Bharata, “Penguat daya microwave 6 GHz untuk stasion bumi kecil,” Tesis, Bandung, Program Pascasarjana Elektroteknik, Institut Teknologi Bandung, 1995.

F. K. W. Lee. (2008). Small signal amplifier design. [Online]. Available: http://pesona.mmu.edu.my/~wlkung/ADS/rf/lesson8c.pdf.

Y. Taryana, M. Wahab, P. Daud, D. Mahmudin, “Studi perancangan penguat gelombang mikro dengan teknik simultaneous conjugate match dan non simultaneous conjugate match‘, dalam Proceding IPT-LIPI, 2013.

H. G. Malvino, Prinsip-prinsip Elektronika, Jakarta, Indonesia: Penerbit Erlangga, 1981.

S. Y. Liao, Microwave Circuit Analysis and Amplifier Design, New Jersey, USA: Prentice-Hall, Inc.,1987.

G. Gonzalez, Microwave Transistor Amplifiers Analysis and Design, New Jersey, USA: Prentice-Hall, Inc.,1997.

D. K. Misra, Radio-Frequency and Microwave Circuits Analysis and Design, New York, USA: John Wiley & Sons, 2001.

D. M. Pozar, Microwave Engineering, Belmont, New York USA: John Wiley & Sons, 1998.

Y. Taryana, A. Munir, Y. Sulaeman, and S. Hermana, ”Two stage low noise amplifier 3 GHz using non simultaneous conjugate match technique”, in Proceedings of ICRAMET, Mei 2014.

A. B. Ibrahim, A. Salleh, M. R. Husain, and M. J. Mohamad, ”Design of Cascode LNA Using Microstrip Matching Network for Wireless Applications”, in Proceedings of International Conference on Image Processing and Electronics Engineering, Dec 2013.


Article Metrics

Metrics Loading ...

Metrics powered by PLOS ALM

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2016 National Research and Innovation Agency

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.