Web
Analytics

Antena Fraktal Koch dengan Catuan EMC pada UHF untuk Aplikasi Televisi Digital Terestrial

  Yuyu Wahyu (1*), Ukhty Syakirotunnikmah (2), Heroe Wijanto (3), Yana Taryana (4), Arie Setiawan (5)

(1) Indonesian Institute of Sciences - Indonesia
(2) Universitas Telkom - Indonesia
(3) Universitas Telkom - Indonesia
(4) PPET LIPI - Indonesia
(5) Indonesian Institutes of Sciences - Indonesia
(*) Corresponding Author

Received: February 22, 2014; Revised: June 22, 2016
Accepted: June 22, 2016; Published: June 29, 2016


How to cite (IEEE): Y. Wahyu, U. Syakirotunnikmah, H. Wijanto, Y. Taryana,  and A. Setiawan, "Antena Fraktal Koch dengan Catuan EMC pada UHF untuk Aplikasi Televisi Digital Terestrial," Jurnal Elektronika dan Telekomunikasi, vol. 15, no. 1, pp. 1-5, Jun. 2016. doi: 10.14203/jet.v15.1-5

Abstract

Televisi merupakan teknologi yang sudah ada sejak beberapa dekade yang lalu. Televisi kini mengalami perkembangan yang awalnya menggunakan modulasi analog, dewasa ini berkembang menggunakan modulasi digital yang harus diimbangi dengan perangkat antena yang handal. Dilatarbelakangi oleh penelitian sebelumnya, maka pada paper ini akan dirancang antena dengan bandwidth yang lebih lebar agar sesuai dengan rekomendasi dari KOMINFO. Pada paper ini, diajukan rancangan antena mikrostrip fraktal Koch iterasi kedua dengan teknik slot pada bagian groundplane-nya dengan pencatuan proximity melalui teknik EMC (electromagnetically coupled) menggunakan bahan material substrat FR4-epoxy dengan konstanta dielektrik bernilai 4,2 pada frekuensi 586 MHz. Perancangan dan simulasi dilakukan dengan menggunakan simulator perancangan antena berbasis Finite Integration Technique (FIT). Berdasarkan simulasi dan analisis yang telah dilakukan, menunjukkan bahwa dengan menggabungkan antara teknik pencatuan EMC dan fraktal Koch yang dimodifikasi menjadi slot pada bagian groundplane mampu meningkatkan bandwidth antenna dan didapatkan bandwidth pada VSWR ≤1,8 sebesar 228,6 MHz, gain pengukuran 2,09 dB, pola radiasi bidireksional dan polarisasi elips horizontal.


  http://dx.doi.org/10.14203/jet.v15.1-5

Keywords


mikrostrip; fraktal Koch; proximity; EMC; televisi digital terrestrial

Full Text:

  PDF

References


H. C. Wicaksono, “Perancangan dan realisasi antena mikrostrip log periodik pada frekuensi 700 MHz untuk aplikasi DVB-T”, Skripsi, Universitas Telkom, Bandung, Indonesia, 2013.

Rian Aditia, Y. Christyono, I. Santoso, “Perancangan dan analisis kinerja antena dipole fraktal koch tipe planar pada pita frekuensi UHF televise”, Makalah Seminar Tugas Akhir, Jurusan Teknik Elektro, Fakultas Teknik, Universitas Diponegoro, Semarang, Indonesia, 2011.

N. Poprzen and M. Gaćanović. (2015). Fractal antenas: design, characteristics and application. [Online]. Available: http://www.phd.etfbl.net/files/Works_PDF/Poprzen%20Nemanja%20.pdf.

R. Garg, P. Bhartia, I. Bahl, and A. Ittipiboon, Microstrip Antena Design Handbook, Norwood, MA-USA: Artech House, Inc., 2001.

G. Kumar and K. P. Ray, Broadband Microstrip Antenas, Norwood, MA-USA: Artech House, Inc., 2003.

D. Setiawan, Alokasi Frekuensi Kebijakan dan Perencanaan Spektrum Indonesia, Jakarta, Indonesia: Departemen Komunikasi dan Informatika, Direktorat Jendral Pos dan Telekomunikasi, 2010.

Y. Wahyu, “Pemancar televisi digital standart DVB-T”, PPETLIPI, Bandung, Indonesia, Laporan Penelitian, 2009.

A. Ismahayati, P. J Soh, R. Hadibah, G. A. E Vandenbosch, “Design and analysis of a multiband kotch fractal monopole antenna”. In Proceedings of 2011 IEEE International RF and Microwave Conference (RFM 2011, December 2011.

C. A. Balanis, Antena Theory Analysis and Design, 3rd ed., Hoboken, NJ-USA: John Wiley & Sons, Inc., 2005.

R. N. Simons, Coplanar Waveguide Circuits, Components and System, New York, NY-USA: John Willey and Sons, 2001.


Article Metrics

Metrics Loading ...

Metrics powered by PLOS ALM

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2016 National Research and Innovation Agency

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.